Langsung ke konten utama

strategi membangun aplikasi teknologi layanan manajemen sistem informasi dalam meningkatkan profit perusahaan


STRATEGI MEMBANGUN APLIKASI TEKNOLOGI PELAYANAN MANAJEMEN SISTEM INFORMASI DALAM MENINGKATKAN PROFIT PERUSAHAAN


A.    Pendahuluan

Pesatnya perkembangan Teknologi Informasi yang terjadi sekarang ini khususnya di negara kita Indonesia, Teknologi tidak lagi menjadi barang yang aneh, bahkan sangat diperlukan untuk mendukung kinerja dari suatu organisasi. Untuk saat ini tanpa dukungan teknologi informasi sebuah perusahaan mungkin sangat mustahil untuk dapat berkembang. Dalam konteks ini, informasi dapat dikatakan menjadi kunci untuk mendukung dan meningkatkan manajemen perusahaan agar dapat memenangkan persaingan yang semakin lama akan semakin meningkat. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk melakukan improvisasi dan peningkatan pelayanan maupun promosi kepada pelanggan adalah dengan CRM yaitu Customer Relationship Management.

B.     Pembahasan

1.      Pengertian CRM
Costumer Relationship Management atau yang biasa dikenal dengan CRM merupakan software yang membantu perusahaan memperoleh dan meyimpan data pelanggannya serta melakukan hubungan dua arah. Jadi disini ada interaksi antara perusahaan dengan pelanggannya. Tetapi saat ini CRM lebih menekankan pada perubahan kebijakan dan prosedur yang didesain untuk meningkatkan sales dan costumer retention di berbagai lini perusahaan.



2.      Pengertian E-CRM

E-CRM atau Electronic CRM adalah suatu usaha mengelola relasi antara peruahaan dengan pelanggan dalam rangka peningkatan loyalitas dengan pelanggan dalam rangka peningkatan loyalitas pengkonsumsian produk-produk yang diproduksi oleh perusahaan dengan memanfaatkan peralatan elektronik seperti TV, Radio, Telepon dan Internet.

3.      Tujuan dan Prinsip CRM

CRM adalah strategi bisnis yang terdiri dari software dan layanan didesain untuk meningkatkan keuntungan (profit), pendapatan (revenue) dan kepuasan pelanggan (costumer satisfaction). Caranya adalah dengan membantu berbagai bentuk perusahaan untuk mengidentifikasi pelanggannya dengan tepat, memperoleh lebih banyak pelangan dengan lebih tepat dan cepat, dan mempertahankan kesetiaan pelanggannya.

4.      Manfaat CRM

Manfaat yang bisa diperoleh dari penerapan CRM antara lain :

1.      Memfungsikan penjualan dengan mengembangkan sejarah dan profil pelanggan.
2.      Layanan penunjang melalui manajemen jaminan.
3.      Pelacakan dan pemecahan problem.
4.      Cross Selling, yaitu menjual produk yang dibutuhkan pelanggan berdasarkan pembeliannya.
5.      Upgrading, yaitu menawarkan status pelanggan yang lebih tinggi.
6.      Menarik pelanggan-pelanggan baru dengan menawarkan layanan yang bersifat pribadi.
7.      Menjaga pelanggan yang sudah ada.
8.      Memberikan kemudahan bagi konsumen untuk melakukan bisnis atau transaksi dengan perusahaan.
9.      CRM dapat memfokuskan pada konsumen akhir untuk produk dan servis.
10.  Mendesain ulang bisnis proses berhadapan muka dengan costumer.

5.      Tipe-Tipe CRM

CRM terdiri dari 3 tipe aktivitas, yaitu:

a.       Operasional. yaitu berkaitan dengan fungsi bisnis suatu perusahaan yang meliputi servis pelanggan, manajemen persanan, invoice/billing, manajemen dan otomatisasi penjualan.

b.      Analytical, yaitu suatu aktifitas yang meliputi menyimpan, memindahkan, memproses, mengartikan dan melaporkan data kondumen atau pengguna, yang kemudian menganalisa apa yang mereka perlukan.

c.       Kolaborasi, yaitu aktifitas untuk menggabungkan semua komunikasi yang diperlukan, koordinasi dan kolaborasi antara vendors (pihak perusahaan) dan costumer (pelanggan).





C.     Kesimpulan

Jadi CRM berfungsi untuk mendekatkan perusahaan dengan pelanggan, jadi jika pelanggan sudah percaya dengan perusahaan maka profit yang didapat oleh sebuah perusahaan akan terus bertambah karena efek dari loyalitas pelanggan dan adanya pelanggan baru yang terus berdatangan.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Atau Perkembangan Sistem Informasi Atau Teknologi Informasi

SEJARAH ATAU PERKEMBANGAN SISTEM INFORMASI ATAU TEKNOLOGI INFORMASI          Pengertian Apa itu sistem informasi? Terlebih dahulu kita mengetahui arti sistem. Jadi sistem adalah jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk menyelesaikan suatu sasaran tertentu.           Nah jadi secara teori Sistem Informasi adalah Sistem informasi adalah suatu sinergi antara data, mesin pengelolah data berupa komputer, program aplikasi dan jaringan, serta manusia untuk menghasilkan informasi. Jadi sistem informasi bukan hanya aplikasi perangkat lunak saja, bahkan sistem informasi ada disetiap perusahaan dan instansi dalam melakukan kegiatan bisnis mereka sehari-hari. Teknologi informasi merupakan gabungan antara teknologi perangkat keras hardware dan perangkat lunak software.  Pengembangan teknologi hardware cenderung menuju uk...

Definisi dan Kategori Desain Grafis

Desain grafis pada awalnya diterapkan untuk media-media statis, seperti buku, majalah, dan brosur. Sebagai tambahin, sejalan dengan perkembangan zaman, desain grafis juga diterapkan dalam media elektronik, yang sering kali disebut sebagai desain interaktif atau desain multimedia. Batas dimensi pun telah berubah seiring perkembangan pemikiran tentang desain. Desain grafis bisa diterapkan menjadi sebuah desain lingkungan yang mencakup pengolahan ruang. ·          Pengertian Desain Grafis Desain grafis terdiri dari 2 buah kata yaitu Desain dan Grafis. Kata desain (de.sa.in / désain / ) sendiri memiliki arti yaitu sebuah proses atau perbuatan dengan mengatur segala sesuatu sebelum bertindak atau merancang. Sedangkan grafis (gra.fis) sendiri memiliki arti yaitu titik atau garis yang berhubungan dengan cetak mencetak. Jadi bisa diartikan bahwa desain grafis adalah kombinasi kompleks antara kata-kata, gambar, angka, grafik, foto dan ilus...