Langsung ke konten utama

Sejarah Atau Perkembangan Sistem Informasi Atau Teknologi Informasi


SEJARAH ATAU PERKEMBANGAN SISTEM INFORMASI ATAU TEKNOLOGI INFORMASI


  •         Pengertian
Apa itu sistem informasi? Terlebih dahulu kita mengetahui arti sistem. Jadi sistem adalah jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk menyelesaikan suatu sasaran tertentu.

          Nah jadi secara teori Sistem Informasi adalah Sistem informasi adalah suatu sinergi antara data, mesin pengelolah data berupa komputer, program aplikasi dan jaringan, serta manusia untuk menghasilkan informasi. Jadi sistem informasi bukan hanya aplikasi perangkat lunak saja, bahkan sistem informasi ada disetiap perusahaan dan instansi dalam melakukan kegiatan bisnis mereka sehari-hari.

Teknologi informasi merupakan gabungan antara teknologi perangkat keras hardware dan perangkat lunak software.  Pengembangan teknologi hardware cenderung menuju ukuran yang kecil dengan  kemampuan serta kapasitas yang tinggi. Namun diupayakan harga yang relatif  semakin murah. Perkembangan teknologi informasi dapat meningkatkan kinerja dan memungkinkan berbagai kegiatan dapat dilaksanakan dengan cepat, tepat dan akurat sehingga dapat meningkatkan produktivitas kerja. Perkembangan teknologi informasi telah memunculkan berbagai jenis kegiatan yang berbasis pada teknologi, seperti : e-government, e- commerce, e-education, e-medicine, e-laboratory, dan lainnya, yang kesemuanya itu berbasiskan elektronika.


  •          Sejarah Sistem Informasi
Manusia mulai mempertukarkan informasi sejak dahulu kala, sekitar 3000 tahun sebelum masehi atau jik dihitung sudah lebih dari 5000 tahun yang lalu. Cara mempertukarkan informasi itu adalah dengan menuliskannya pada batu, kayu, papirus atau tanah liat. Awal sejarah perkembangan sistem informasidimulai dari sini. Tanpa langkah yang dilakukan oleh manusia kuno ini, tidak akan ada perangkat teknologi canggih seperti komputer dan telepon seluler. Ada empat tahapan yang dilalui dalam perkembangan komunikasi dan informasi, diantaranya :

1.     Periode pertama : Pra Mekanik

Pada periode ini, komunikasi menggunakan simbol untuk menyampaikan informasinya. Pada tahun 2000 - 3000 sebelum masehi, manusia menggunakan gambar untuk menyampaikan pesan. Contohnya bangsa Fenisia di Timur Tengah (Sekarang Libanon) menciptakan model/simbol tersebut. Lalu bangsa Yunani mengadaptasi simbol milik bangsa Fenisia dengan menambahkan huruf vokal yang membuatnya mudah digunakan, yang kita kenal sekarang menjadi alfabet. Pada tahun 600 sebelum masehi terciptanya buku dari papirus, yaitu sejenis tanaman air yang dikenal untuk membuat kertas pada zaman kuno. Setelah itu bangsa Mesir Kuno menciptakan sistem angka, sehingga mengarahkan pada penemuan alat bantu hitung yang disebut abakus.

2.     Periode kedua : Mekanik

            Pada periode ini, termasuk dalam masa abad pertengahan, dimana orang sudah menggunakan peralatan untuk menyimpan, mengolah dan merekam informasi. Salah satunya adalah penemuan terpenting pada zaman itu yaitu diciptakan mesin cetak Gutenburg dari Jerman. Karena terciptanya alat tersebut penyampaian informasi menjadi lebih mudah karena mesin tersebut dapat memproduksi tulisan dalam jumlah besar. Pada tanggal 19 Juni 1623, di Clermont-Ferrand, Perancis. Terciptanya mesin hitung pertama kali yang diciptakan oleh Blaise Pascal, berkat penemuan ini dianggap sebagai titik awal mesin yang bisa membantu manusia dalam menghitung suatu data.

3.     Periode ketiga : Elektromekanik

            Pada periode ini, penggunaan listrik untuk memberikan energi untuk menjalankan penemuan mesin sesudah yang diciptakan Blaise Pascal terus ditemukan. Dan dimasa ini pula sudah diciptakan telepon dan kode morse yang dapat digunakan untuk komunikasi jarak jauh secara langsung. Kemudian pada tahun 1949 komputer pertama kali (Generasi Pertama) diciptakan oleh J.Presper Eckert dan John Mauchly, namun komputer pada saat itu masih terbilang sangat besar karena seukuran 1 ruangan, lalu pada tanggal 7 April 1953, perusahaan komputer termuka yaitu IBM memperkenalkan kepada publik sebuah komputer tipe 701 yang merupakan komputer listrik pertama dan yang diproduksi secara massal. Dari sinilah awal dari sebuah penemuan teknologi selanjutnya yang sekarang kita kenal dan kita gunakan.

4.     Periode keempat : Elektronik

            Pada tahun 1957, Jean Hoenri mengembangkan transistor, alat ini dapat mengintegrasikan semua sirkuit yang diciptakan pada tahun-tahun selanjutnya. Pada tahun 1960, ARPANET (Advanced Research Project Agency Network) yang dibentuk oleh departemen pertahanan Amerika Serikat yang kala itu menjadi cikal bakal dari Internet yang kita gunakan sampai sekarang. Pada saat itu penemuan ARPANET hanya bisa digunakan oleh pemerintah, penelitian dan universitas. Kemudian pada tahun 1962, peneliti dari MIT yang bernama Licklider memperluas jangkauan ARPANET ke jaringan komputer diseluruh dunia untuk interaksi sosial. Dan pada tahun 1968, sekelompok penilitan yang terdiri dari Andrew Grove, Gordon Moore dan Robert Noyce menciptakan mikrochip pertama kali dan mereka menjual rancangannya tersebut ke perusahaan Intel untuk diproduksi massal.


  •         Manfaat Sistem Informasi


  o   Positif

1.  Meningkatkan aksesibilitas data yang tersaji secara tepat waktu dan akurat bagi masyarakat.
2.  Menjamin tersedianya kualitas dan keterampilan dalam memanfaatkan sistem informasi.
3.  Mengembangkan proses perencanaan/pengambilan keputusan yang efektif dan efisien.
4.  Mengidentifikasi kebutuhan-kebutuhan yang dibutuhkan sebagai pendukung sistem informasi.
5.  Mengantisipasi dan memahami konsekuensi dari sistem informasi dan teknologi baru dalam bidang ekonomi.
6.  Memperbaiki produktivitas dalam aplikasi pengembangan dan pemeliharaan suatu sistem.
7.  Bila dalam suatu organisasi, dengan menggunakan sistem informasi dapat mengolah transaksi, mengurangi biaya pengeluaran dalan menghasilkan suatu produk dan dipasarkan secara online (melalui internet).
8.  Dengan adanya sistem informasi, sangat diuntungkan oleh pihak perbankan karena dapat mengolah cek nasabah dan membuat laporan rekening jika suatu transaksi terjadi.

o  Negatif

        Dengan adanya sistem informasi, banyak sekali masyarakat yang salah menggunakan sistem informasi ini, mulai dari menyebarkan berita yang belum tentu benar, mengujarkan kebencian yang berlebihan, untuk membully seseorang, dan yang lebih parahnya lagi adalah melakukan kejahatan dalam internet (Cybercrime).


  •          Komponen Sistem Informasi


1.     Hardware
     Merupakan semua bagian yang berbentuk dari fisik komputer tersebut.

o   Motherboard



Adalah suatu papan sirkuit yang berfungsi sebagai tempat komponen-komponen komputer untuk saling terhubung satu dengan komponen lainnya.

o   Processor



Adalah merupakan sebuah otak yang mengontrol semua jalannya sebuah komputer.

o   Harddisk




Yaitu sebuah perangkat keras yang berfungsi sebagai media penyimpanan data secara tetap (Non-Volatile).

o   RAM



Random Access Memory (RAM) adalah sebuah komponen pada komputer yang berfungsi menyimpan data maupun intruksi dari processor, namun penyimpanan data di ram hanya bersifat sementara (Volatile). Jika komputer tiba-tiba terputus aliran listriknya, maka data yang ada di ram akan hilang.

o   Monitor



Merupakan salah satu perangkat keras (hardware) yang berfungsi untuk menampikan suatu hasil pengolahan data beruba grafis.

o   VGA Card



Video Graphic Adapter merupakan sebuah perangkat keras yang berfungsi mengolah data grafik yang nantinya akan ditampilkan di monitor.

o   Keyboard




Keyboard merupakan sebuah papan kunci yang terdiri dari huruf dan angka, dan juga dapat memerintah suatu instruksi dari pemakai (user) ke komputer (Input).

o   Mouse



Seperti keyboard, mouse merupakan suatu alat yang dapat menginstuksikan suatu perintah ke komputer.


2.     Software
Merupakan sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu data berupa program atau intruksi suatu perintah dari pengguna (user) ke komputer.

               Software dibagi menjadi 4, yaitu :

o   Software berbayar
        Merupakan perangkat lunak yang didistribusikan untuk tujuan komersil, jadi setiap pengguna yang ingin menggunakan atau mendapatkan software tersebut dengan cara membeli atau membayar pada pihak yang mendistribusikan. Jadi secara garis besar jika kita ingin menggunakan software ini, kita harus membelinya terlebih dulu baru bisa digunakan.

o   Freeware
       Merupakan perangkat lunak gratis yang bisa kita pergunakan secara bebas tanpa ada batasan apapun.

o   Free Software
         Software ini mengarah kepada penggunaannya yang bebas namun software ini ada yang gratis dan tidak. Yang dimaksud adalah program ini berbasis Open Source yang bisa kita modifikasi sesuai yang kita butuhkan.

o   Shareware

         Software ini dimaksudkan hanya sebagai demonstrasi dari software sebenarnya, jadi hanya bersifat uji coba (Demo) yang memiliki waktu dalam penggunaan software tersebut.


3.     Brainware (Pengguna)

Merupakan seseorang/pihak yang bertanggung jawab dalam pengembangan sistem informasi, pemrosesan, dan penggunaan keluaran sistem informasi.


  •          Inovasi dalam Sistem Informasi

1.     Sosial Media

Merupakan sebuah aplikasi dimana bisa menghubungkan seseorang yang awalnya jauh menjadi dekat. Sekarang ini sosial media dipenuhi inovasi setiap tahunnya, yang awalnya hanya aplikasi komunikasi, sekarang bisa mengirim gambar, video bahkan nenujukan lokasi anda saat itu. Yang awalnya hanya bisa update status sekarang bisa apa saja.



2.     Teknologi Robot

Suatu saat robot akan menggantikan aktifitas manusia, mungkin ungkapan itu sangat cocok sekali di era sekarang, karena perkembangan robot saat ini sangat luar biasa. Bahkan ada robot yang dibuat semirip mungkin dengan manusia (Humanoid), bahkan ada robot yang di design seperti tangan manusia yang dapat digunakan untuk orang-orang yang memiliki kekuarangan fisik.



3.     Virtual Reality (VR)

Merupakan suatu teknologi yang membuat penggunanya dapat berinteraksi dengan lingkungan yang disimulasikan oleh komputer, jadi kita merasa seperti berada didalam lingkungan tersebut.



4.     Drone

Merupakan suatu teknologi pesawat pengintai yang tidak berawak, dengan kata lain alat ini dikendalikan oleh pusat di suatu tempat yang menggunakan remote control drone tersebut. Dengan kata lain kita bisa melihat suatu tempat dari atas tanpa harus terbang.



5.     Smartphone


    Di zaman sekarang, banyak yang beranggapan bahwa smartphone merupakan alat yang tidak bisa jauh dari kita, setiap saat kita menggunakan alat tersebut untuk kegiatan apapun, seperti contohnya berkomunikasi dengan orang lain. Dengan harga yang murah, semua orang bisa mendapatkan alat ini. Ditambah lagi dengan sosial media yang semakin berkembang, tidak menjadi alasan bahwa alat ini tidak bisa jauh dari penggunanya.





Daftar Pustaka :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Definisi dan Kategori Desain Grafis

Desain grafis pada awalnya diterapkan untuk media-media statis, seperti buku, majalah, dan brosur. Sebagai tambahin, sejalan dengan perkembangan zaman, desain grafis juga diterapkan dalam media elektronik, yang sering kali disebut sebagai desain interaktif atau desain multimedia. Batas dimensi pun telah berubah seiring perkembangan pemikiran tentang desain. Desain grafis bisa diterapkan menjadi sebuah desain lingkungan yang mencakup pengolahan ruang. ·          Pengertian Desain Grafis Desain grafis terdiri dari 2 buah kata yaitu Desain dan Grafis. Kata desain (de.sa.in / désain / ) sendiri memiliki arti yaitu sebuah proses atau perbuatan dengan mengatur segala sesuatu sebelum bertindak atau merancang. Sedangkan grafis (gra.fis) sendiri memiliki arti yaitu titik atau garis yang berhubungan dengan cetak mencetak. Jadi bisa diartikan bahwa desain grafis adalah kombinasi kompleks antara kata-kata, gambar, angka, grafik, foto dan ilus...

strategi membangun aplikasi teknologi layanan manajemen sistem informasi dalam meningkatkan profit perusahaan

STRATEGI MEMBANGUN APLIKASI TEKNOLOGI PELAYANAN MANAJEMEN SISTEM INFORMASI DALAM MENINGKATKAN PROFIT PERUSAHAAN A.     Pendahuluan Pesatnya perkembangan Teknologi Informasi yang terjadi sekarang ini khususnya di negara kita Indonesia, Teknologi tidak lagi menjadi barang yang aneh, bahkan sangat diperlukan untuk mendukung kinerja dari suatu organisasi. Untuk saat ini tanpa dukungan teknologi informasi sebuah perusahaan mungkin sangat mustahil untuk dapat berkembang. Dalam konteks ini, informasi dapat dikatakan menjadi kunci untuk mendukung dan meningkatkan manajemen perusahaan agar dapat memenangkan persaingan yang semakin lama akan semakin meningkat. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk melakukan improvisasi dan peningkatan pelayanan maupun promosi kepada pelanggan adalah dengan CRM yaitu Customer Relationship Management. B.      Pembahasan 1.       Pengertian CRM Costumer Relationship Management...